Peparpenas X, atlet 25 provinsi berlaga di sumsel

Sumatrapost.id | Palembang – Provinsi Sumsel kembali dipercaya menjadi tuan rumah Pekan Paralimpik Pelajar Nasional (Peparpenas) X, bahkan kegiatan ini untuk pertama kali digelar di luar Pulau Jawa.

 

Upacara pembukaan digelar di Palembang Sport and Convention Center (PSCC), Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (1/8/2023) malam WIB. Acara yang mengusung tema Kami Muda Kami Bisa itu berlangsung meriah yang diikuti oleh ribuan orang yang terdiri dari atlet pelajar disabilitas dari berbagai provinsi di Indonesia.

 

Baca Juga :

 

Menpora Dito membuka langsung acara tersebut ditemani Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. Dito mengatakan ajang multievent olahraga ini ikut berperan membantu Indonesia berprestasi di pentas olahraga disabilitas internasional.

“Kesuksesan penyelengaraan ini dapat kita lihat dari prestasi Indonesia dimana kita menjadi juara umum tiga kali berturut-turut pada ASEAN Paragames termasuk tahun 2023 ini,”katanya.

 

Tak hanya itu saja, lanjutnya pada tahun 2018 berhsil peringkat lima di Asia. Bahkan dirinya mengatakan baru aaja kembali dari Negara Jerman untuk menghadiri Olimpiade Spesial Olympics. Dimana kontingen Indonesia berhasil mendapatkan 10 medali emas di tingkat Dunia.