Viral Kisah Tiko, Anak Rawat Ibu Depresi sejak Ditinggal Ayah, Dulu Kaya Raya Kini Jatuh Miskin

Foto : Istimewa

sumatrapost.id | JAKARTA, – Viral di media sosial, kisah Tiko, seorang anak sudah 11 tahun merawat ibunya yang mengidap depresi di rumah mewah, kawasan Jakarta Timur. Tiko merupakan anak satu-satunya dari ibu tersebut.

 

Ibunya Tiko diketahui bernama Eny Sukaesih. Kini, usia Tiko sendiri sudah menginjak 23 tahun. Kisah Tiko itu viral setelah dibagikan oleh akun Youtube Bang Brew TV.

 

Kisah pilu Tiko dimulai sejak ayahnya pergi meninggalkan ibunya. Tiko merasakan ada keanehan terhadap kondisi sang ibu yang mulai kurang sehat dan suka berbicara sendiri.

 

“Sejak 2011-2013 ibu kurang sehat suka ngomong sendiri, suka marah-marah,” cerita Tiko dikutip Okezone dari Youtube Bang Brew TV, Selasa (3/1/2023).

 

Kendati demikian, Tiko tak surut untuk terus merawat ibunya. Ia sempat bekerja untuk menghidupi keluargnya dengan menjadi pedagang cilor.

 

Kini, ia dipercaya warga di lingkungan tempat tinggalnya untuk menjadi anggota petugas keamanan. Sementara rumah mewah yang dihuni ibunya tampak tak terurus dan terbengkalai. Bahkan, rumah tersebut sudah tidak ada listrik dan air.

 

“(Untuk makan) saya kerja, saya pulang. Untuk belanja sendiri Ibu masih bisa. Tapi kalau untuk ngobrol itu udah gak bisa karena semua orang dianggap musuh,” kata Tiko.

 

Menurut penuturan Tiko, sang ayah bernama Herman Moedji Susanto yang kini keberadaannya tak diketahui. Dulunya merupakan rekanan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Saat meninggalkan Tiko dan ibunya, umurnya sudah sekita 80 tahun.