Tuntutan Zaman, Koperasi Harus Mampu Bertanspormasi

Sumatrapost.id | Padang – Asisten Deputi Pembaharuan dan Kemitraan Perkoperasian Kementrian Menteri Koperasi dan UKM Bagus Rahman menilai, Modernisasi Koperasi merupakan transformasi koperasi. Tujuannya agar lebih maju dalam hal organisasi, tata kelola dengan teknologi. serti mengikuti perkembangan zaman. termasuk pada sektor pertanian, peternakan dan perikanan.

 

Hal ini dikemukakannya dalam paparannya pada Temu Wicara dengan Pejabat Tinggi Negara, pada rangkaian Penas Petani Selayan XVI Tahun 2023 di Auditorium Universitas Negeri Padang, (12/6).

Menurut dia, Koperasi modern merupakan koperasi yang telah mengadopsi sistem teknologi. Hal ini berpotensi ke dalam skala industri.

“memiliki akses permodalan dan pasar sehingga menghasilkan nilai tambah yang Tinggi kepada anggotanya, ini adalah beberapa kriteria yang dibutuhkan,” paparnya.

 

Baca Juga : Petani Milenial Bicara soal Krisis Pangan Global

 

Di hadapan pengurus Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) se-Indonesia, Bagus mencontohkan bagaimana suksesnya koperasi yang dikelola secara modern dan profesional.  Perusahaan besar Fontera, merupakan koperasi peternak sapi di Selandia Baru.