Pemutihan Dimulai 1 April 2023, Ada Diskon Pajak Kendaraan 50 Persen

Pemutihan 2023, potongan pajak sebesar 50 persen termasuk mutasi kendaraan

OKU, Peristiwaterkini.id – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) mulai memberlakukan program pemutihan pajak kendaraan bermotor tahun 2023.

Program pemutihan pajak kendaraan bermotor dan penghapusan bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KB) tersebut dilaunching secara hybrid, baik secara langsung maupun online oleh gubernur Sumsel H Herman Deru yang dilaksanakan di Kambang Iwak Palembang diikuti oleh seluruh UPTB Samsat yang ada di Sumsel termasuk OKU, Kamis (30/03/2023) sore kemarin.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapeda) provinsi Sumsel, Dra Hj Neng Muhaibah MM melalui kepala UPTB Samsat OKU 1 Baturaja Humaniora Basili Basmark SE MSi mengatakan, pemberlakuan program pemutihan pajak kendaraan bermotor merupakan kebijakan Gubernur Sumsel H Herman Deru.

Ini sebagai upaya menyegerakan pemutihan ekonomi masyarakat yang selama dua tahun terakhir sempat terkontraksi akibat pandemi covid 19, selain itu program ini juga merupakan bukti jika Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumsel selalu siap hadir di berbagai kondisi yang dirasakan oleh masyarakat.

“Tentunya program ini sangat membantu dan ditunggu serta menjadi stimulan bagi masyarakat,” kata Humaniora Basili Basmark yang akrab di sapa Belly.

Dilanjutkan Belly, program pemutihan pajak kendaraan ini di berlakukan selama 9 bulan yang dimulai dari tanggal 1 April sampai 31 Desember 2023.

Program pemutihan ini meliputi pemutihan pajak kendaraan bermotor serta BBN KB, untuk pemutihan pajak kendaraan masyarakat penunggak pajak cukup membayar 1 tahun dan pajak tahun berjalan.

Ia menjelaskan, untuk tahun ini yang masuk dalam program pemutihan pajak yaitu pertama,PKB dan BBNKB II, bebas denda dan bunga pajak.

Kemudian kedua, tunggakan PKB 2 tahun ke atas cukup membayar satu tahun pokok tunggakan PKB plus satu tahun pokok PKB tahun berjalan.