Sisa Makanan Berdampak Serius Bagi Lingkungan

OKU, Peristiwaterkini.id – Sampah adalah masalah lingkungan yang sudah menjadi perhatian banyak pihak diberbagai daerah. Entah itu kota besar seperti Jakarta atau daerah-daerah Kabupaten yang penduduknya belum sepadat ibukota seperti halnya kabupaten OKU.

Berbagai persoalan timbul sebagai dampak dari kurangnya edukasi dan pengetahuan terhadap pengolahan sampah yang benar. Menumpuknya sampah-sampah di TPA, Banjir, pencemaran udara dan air, dan sebagainya yang bisa menjadi akibat dari kurangnya perhatian terhadap lingkungan.


Namun tidak hanya sebatas sampah-sampah anorganik seperti sampah plastik, kardus, besi, botol yang bisa menyebabkan masalah pada lingkungan hidup ini. Ternyata sampah-sampah organik seperti sisa-sisa makanan atau sisa bahan makanan dapat menyebabkan masalah lingkungan yang lebih serius.

Sisa Makanan yang dibuang atau berakhir di tempat sampah dapat mengalami pembusukan, yang kemudian akan menghasilkan gas-gas rumah kaca yang berdampak buruk bagi dunia dan menyebabkan pemanasan global.


Gas-gas rumah kaca yang dihasilkan dari hasil pembusukan sisa makanan tersebut berupa Gas Metana (CH4) dan Karbon dioksida (CO2). Gas Metana pun mempunyai efek 28x lebih buruk dibandingkan dengan Karbondioksida yang selama ini kita tahu dihasilkan oleh sisa pembakaran kendaraan bermotor.