OKU  

PT Semen Baturaja, Selenggarakan Pelatihan Roasting Kopi Di Rumah BUMN

OKU, Peristiwaterkini – PT Semen Baturaja melalui rumah BUMN Baturaja, menyelenggarakan pelatihan Roasting Kopi dan Sosialisasi Program SMBR Eco Cafe Ngopi Bayar Pakai Sampah.

Program ini wujud komitmen terhadap peningkatan gerakan ekonomi yang berwawasan lingkungan dari anak perusahaan PT Semen Indonesia Grup (SIG), ini ditujukan untuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) mitra binaan.

Dalam pelatihan ini PT semen Baturaja menggandeng Deni selaku pemilik Cafe Ngupi Kuday, yang merupakan salah satu mitra binaan UMKM Rumah BUMN Baturaja yang telah mandiri.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pengalaman dan transfer knowledge tentang Roasting kopi, sekaligus sosialisasi program Eco Cafe yang telah di terapkan di cafe miliknya.

Pelatihan ini dilaksanakan di Rumah BUMN Baturaja kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), pada Kamis (14/9/2023).

Dalam pelatihan Roasting Kopi atau memanggang kopi ini menyasar para pelaku UMKM, yang telah terdaftar di Rumah BUMN Baturaja, khususnya di bidang usaha kopi.

Dikatakan Deni , Roasting kopi merupakan proses penting untuk mengubah biji kopi hijau (Green Bean) yang keras dan sulit diminum menjadi biji kopi siap minum, yang menghadirkan citarasa kopi bagi penikmatnya.

Proses ini melibatkan pemanasan biji kopi pada suhu tertentu, dan waktu tertentu untuk mencapai cita rasa yang diinginkan.

“Proses penyangraian juga memerlukan kepekaan terhadap aroma dan rasa dari kopi tersebut, seorang roaster harus mampu membedakan secara akurat aroma dan rasa kopi mentah serta yang sudah di panggang,” ucapnya.