OKU, SUMSEL  

Dukung Petani, PJ Bupati OKU Kerjasama Bulog Beli Hasil Petani

Foto ist : PJ Bupati OKU H Teddy Meilwansyah berbincang dengan petani cabai sekaligus meninjau perkebunan cabai di kecamatan sinar peninjauan OKU

OKU, sumatrapost.id – Penjabat (PJ) Bupati OKU H Teddy Meilwansyah meninjau perkebunan cabai kelompok tani Harapan Makmur yang berada di Desa Karya Jaya Batumarta Unit XIII Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten OKU Selasa (9/1/2024).

 

Dalam kegiatan ini PJ Bupati OKU didampingi oleh asisten III Setda OKU Romson Fitri bersama kepala dinas Pertanian OKU Husmin SP.MM dan sejumlah kepala OPD OKU.

 

Kunjungan orang nomor satu di bumi sebimbing sekundang ini untuk menyaksikan upaya kelompok tani yang ada di desa tersebut yang memanfaatkan lahan kosong menjadi lahan produktif untuk menekan inflasi di kabupaten OKU.

 

“Ini sangat luar biasa, potensi pertanian di OKU sangat menjanjikan, tanaman cabai ini tumbuh subur dan buahnya sangat baik, mudah-mudahan hasil panennya nanti cukup baik,” kata Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah.

 

Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi ketahanan pangan dan pengendalian inflasi serta dalam rangka mendukung program gerakan OKU Menanam.

 

“Bukan hanya kepada petani saja tapi juga masyarakat bagaimana kita bisa memanfaatkan lahan kosong, pekarangan rumah menjadi produktif yang dapat menghasilkan kebutuhan pangan,” ujarnya.

 

Tak hanya berkunjung dan melihat perkembangan tanaman, dalam kesempatan ini PJ Bupati OKU Teddy Meilwansyah juga mendengarkan keluh kesah para kelompok tani.

 

Kendala yang dihadapi petani saat ini mereka menghadapi kendala dalam mensejahterakan keluarga dengan berkebun cabai.

 

Salah satu yang menjadi permasalahan utama adalah monopoli harga yang dilakukan tengkulak atau pengepul di daerah tersebut.

 

Menanggapi hal itu, PJ Bupati OKU akan mengambil langkah dengan melakukan intervensi harga.

 

Diungkapkannya bahwa ia telah melakukan rapat dengan Bulog OKU untuk membeli hasil panen petani cabai di Desa Karya Jaya dengan harga yang dapat menguntungkan  petani.

 

“Upaya kita pemerintah Kabupaten OKU dalam menekan angka inflasi adalah dengan memanfaatkan lahan -lahan kosong menjadi areal pertanian,” ungkapnya.